Kado Makanan Sehat dari RIZKI

Kado makanan sehat dari RIZKI

Selasa (28/02), Sinar mentari menyebar menerobos celah ranting dan pepohonan . Hilir mudik orang-orang yang sedang beraktivitas pagi menambah hangat suasana saat itu. Kondisi ini sangat kontras saat langkah kami memasuki SD Negeri Curah Lele 01 Balung. Sebagian bangunan berdiri kokoh, tetapi disisi lain nampak jelas terlihat bangunan yang nyaris roboh. Bangunan yang lebih tepat di sebut tumpukan bata yang tersusun tidak rapi nampak membisu setelah beberapa waktu lalu di hajar angin dan hujan.
Tidak lama berselang nampak beberapa muslimah keluar dari Mobil Sehat Garis Lembaga Amil Zakt RIZKI, mereka dengan cekatan dan penuh perhatian menghambur bersama anak-anak SD Negeri Curah Lele 01. Bahkan beberapa siswa berlarian keluar dari kelas dan mengikuti laju MSG yang bergerak perlahan menuju ke tempat parkir. 
Makanan dan gizi adalah hal asasi manusia. Namun, sepertiga dari seluruh anak-anak di dunia saat ini dalam keadaan kurang gizi kronik. Hal ini diangkat pada Sidang Majelis PBB dalam Pertemuan Tingkat Menteri tentang nutirisi di New York, Amerika Serikat, Rabu (21/9). Hingga kini masih ada 171 juta anak-anak di dunia yang kurang gizi. Masalah ini menjadi hal mendasar karena mempengaruhi pembangunan manusia, sosial dan ekonomi.
Penekanan angka kurang gizi ini juga menjadi prioritas Indonesia. Selain sebagai indikator dalam pencapaian MDGs, angka kurang gizi Indonesia masih di atas 10 persen.
Dalam ringkasan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010 dikatakan secara nasional sudah terjadi penurunan prevalensi kurang gizi dari 18,4 persen di 2007 menjadi 17,9 persen di 2010. Penurunan itu disumbang oleh penurunan pada prevalensi gizi buruk dari 5,4 persen di 2007 menjadi 4,9 persen di 2010.
Tapi, tidak terjadi penurunan prevalensi pada gizi kurang dari 2007 ke 2010. Prevalensi gizi kurang tetap di angka 13 persen
Sebanyak 18 provinsi masih memiliki prevalensi gizi kurang dan buruk di atas prevalensi nasional. Yaitu, prevalensi gizi kurang nasional empat persen dan gizi buruk sebesar 13 persen
Bersamaan dengan Hari Gizi Nasional, Lembaga Amil Zakat RIZKI menyelenggarakan  kegiatan Berbagi Nikmat Gizi bagi anak-anak yatim dan dhuafa’ dengan membagikan 600 paket makanan sehat di sejumlah daerah.  Paket makanan bergizi tersebut berupa; roti, biscuit dan buah apel serta susu. Selain itu selama kegiatan berlangsung relawan RIZKI memberikan penyuluhan kesehatan kepada siswa-siswi SD tentang pentingnya menjaga kesehatan dan sarapan pagi sebelum berangkat kesekolah. Meski acara berlangsung seru namun ada beberapa siswa kelas satu yang ketakutan dan menangis karena mereka mengira kedatangan Tim RIZKI untuk program suntikan imunisasi dari dinas kesehatan.
“Anak-anak ndak perlu takut, kalian tidak disuntik tetapi diberi hadiah berupa makanan sehat”, kata Sulistiowati, wali kelas satu yang berusaha menenangkan murid-muridnya.
Pemberian bingkisan berupa makanan sehat ini, ditujukan untuk memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada hari, Selasa,  28 Februari 2012 kemarin dengan mengajak semua pihak, khususnya Mitra RIZKI yang tergabung dalam RIZKI Community untuk memperhatikan gizi anak-anak yatim dan dhuafa’.
Selain mendapatkan bingkisan makanan sehat, siswa diberikan kartu anggota MSG-Mobil Sehat Gratis yang bisa dimanfaatkan apabila ada salah anggota keluarganya yang sakit dan membutuhkan transportasi untuk menuju rumah sakit. Tidak hanya para siswa saja tetapi juga para guru diberikan kartu anggota.
“Terimakasih, saya merasa senang sekali anak-anak mendapatkan kado istimewa berupa makan sehat ini dan juga diberikan perhatian lebih dari RIZKI mengenai kesehatan khusunya gizi bagi para siswa kami yang kebanyakan mereka tergolong tidak mampu”, terang Nanik Mulyati , kepala sekolah SD N 01 Curahlele.
“Terima kasih pak, saya  sangat senang mendapat susu sama buah apel. Baru kali ini mendapatkan”, kata fikri , siswa kelas satu sambil tertawa lepas dan diikuti teman-temannya. 
Setelah kunjungan Tim Save Food and Nutrition dirasa mencukupi, kami beserta para relawan pun berpamitan dan relawan segera berpamitan kepada para guru, dan sekali lagi beliau mengucapkan terima kasih banyak kepada LAZ RIZKI serta donator  yang sudah mengadakan kegiatan di Hari Gizi ini. (fis)

1 comments

  1. Semoga RIZKI semakin sukses mengemban ammanat ummat Islam mengentaskan kaum Dhuafa!

    www.smkalfurqan.com

Leave a Reply

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign